Kelima Negara Ini akan Ramaikan Aceh Internasional Rapa’i Festival 2016

Lima negara dipastikan akan ikut memeriahkan kegiatan Aceh Internasional Rapa’i Festival 2016 di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, 26-30 Agustus.

Kelima Negara Ini akan Ramaikan Aceh Internasional Rapa'i Festival 2016Aksi Joki dan kudanya dalam Lomba Pacuan Kuda Tradisional Gayo, 17-23 Agustus 2015 guna memeriahkan HUT ke-70 RI di Aceh Tengah, Provinsi Aceh. (KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH)

Lima negara dipastikan akan ikut memeriahkan kegiatan Aceh Internasional Rapa’i Festival 2016 di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, 26-30 Agustus.

“Ada lima negara yang menyatakan akan andil bagian dalam kegiatan ini yakni Jepang, Malaysia, Thailand, Tiongkok dan Iran,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (26/8/2016).

Ia menjelaskan pelaksanaan kegiatan tersebut salah satunya bertujuan untuk melestarikan rapai sebagai salah satu atraksi budaya yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati.

“Ini juga untuk memperkenalkan Aceh keluar Aceh dan luar negeri bahwa budaya-budaya Aceh memiliki kekuatan dan bernafaskan Islam serta membangun citra positif Aceh pascadamai,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut akan menjadi daya tarik bagi wisatawanÿdalam dan luar negeri untuk datang dan berkunjung ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Kita yakin melalui kegiatan tersebut nantinya akan mampu menarik para tamu dalam dan luar negeri untuk datang ke provinsi ini,” katanya.

Reza mengakui Aceh Internasional Rapa’i Festival tahun ini merupakan yang pertama sekali diselenggarakan di provinsi berpendudik sekitar lima juta jiwa itu dan apa bila mendapat sambutan positif dari masyarakat pihaknya akan memasukkan kegiatan tersebut menjadi even tahunan Dinas Pariwisata Aceh.

“Kita berharap pada tahun berikutnya akan lebih banyak lagi peserta dari luar negeri yang akan andil bagian dan ini juga akan menjadi sarana mnarik tamu asing berkunjung ke Aceh,” demikian Reza

(Ni Luh Made Pertiwi F / Antara via Kompas.com)

Share from: National Geographics