Paragallinula: Ahli Ornitologi Jelaskan Jenis Burung Baru

Tim yang dipimpin oleh Dr George Sangster dari Swedish Museum of Natural History, memberi nama genus baru burung itu dengan Paragallinula.

Paragallinula: Ahli Ornitologi Jelaskan Jenis Burung BaruSebuah genus baru Paragallinula tergolong untuk lesser moorhen, yang sebelumnya dimasuk genus Gallinula (Mark Tittley via George Sangster et al, doi: 10,5852 / ejt.2015.153.)

Sebuah tim internasional ornitolog dari Swedia dan Selandia Baru menjelaskan genus baru untuk jenis burung yang disebut lesser moorhen. Tim yang dipimpin oleh Dr George Sangster dari Swedish Museum of Natural History, memberi nama genus baru burung tersebut dengan Paragallinula.

“Nama generik berasal dari Yunani ‘para’ (yang berarti disamping) dan Latin ‘gallinula’ (yang berarti separuh ayam atau ayam),”ungkap Dr Sangster pemimpin penulis dalam laporan yang dipublikasikan di European Journal of Taksonomi.

“Ini menunjukkan kemiripan dari P. angulata untuk spesies Gallinula, tetapi menyoroti bahwa mereka memiliki garis keturunan evolusi independen.”

Menurut para ilmuwan, Paragallinula angulata ditemukan di sebagian besar benua Afrika dari Senegal dan Gambia ke Etiopia, Namibia, Botswana dan Afrika Selatan

(K.N Rosandrani/Sci-News)

Share from: National Geographics