Tips Travelling Bersama Hewan Peliharaan

Para pecinta hewan yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, kerap menghadapi dilema ketika akan hendak bepergian. Apakah sebaiknya hewan peliharaan dibawa serta, atau ditinggal di rumah saja?

Seringkali orang memilih opsi kedua, karena khawatir peliharaan kesayangan akan sakit atau stres jika harus menempuh perjalanan jauh. Tapi ternyata, Anda masih punya kesempatan untuk mengajak hewan peliharaan kesayangan untuk ikut serta dalam perjalanan Anda.

Kami menghimpun saran dari para pakar hewan peliharaan ketika hendak membawa hewan peliharaan turut serta dalam perjalanan jauh agar hewan kesayangan tetap aman dan nyaman.

Persiapkan dengan baik

Sama seperti kita, sebagian hewan peliharaan merupakan traveler yang baik, sementara yang lain merasa sangat tidak nyaman atau takut ketika melakukan perjalanan.

“Membiasakan hewan peliharaan melakukan perjalanan sejak mereka masih kecil dapat membantu, tetapi jika mereka terlihat stres,  akan jauh lebih baik meninggalkan mereka di rumah dengan pengurus yang terpercaya,” ujar Monique Udell dari Oregon State University.

Lakukan percobaan kecil

Biasakan hewan peliharaan Anda berada di dalam kandang angkut mereka sebelum melakukan perjalanan. Letakkan selimut dan makanan kesukaan mereka di kandang yang terbuka untuk mengundang mereka masuk.

“Bisa juga dengan menggunakan  feromon semprot, aroma alami yang biasa digunakan kucing untuk menandai sesuatu yang nyaman,” kata Carlo Siracusa, dari Kedokteran Hewan  Universitas Pennsylvania.

Setelah hewan peliharaan berada di dalam, tutup kandang angkut untuk waktu yang agak lama. Jika hewan peliharaan tampak nyaman, secara bertahap, tambahkan durasinya. Pastikan ventilasi udara di kandang dalam keadaan baik.

Siracusa tidak merekomendasikan obat penenang, tetapi jika menurut Anda memang diperlukan, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Selain itu, harus diketahui bahwa pemeriksaan keamanan hewan di bandara mungkin akan agak sulit bagi Anda yang memelihara kucing, “Sebab banyak kucing yang takut akibat bandara yang bising dan ramai. Jadi, pegangi mereka baik-baik,” katanya.

Buat hewan peliharaan senyaman mungkin

Jika menempuh perjalanan dengan mobil, tempatkan hewan peliharaan Anda di dalam kandang angkut, di kabin belakang. Buat kandang mereka senyaman mungkin, bisa dengan menambahkan bantal empuk atau mainan kesukaan mereka.

“Hewan peliharaan yang menempuh perjalanan jauh tidak boleh diletakkan di atap mobil,” tegas Siracusa.

Selain itu, Anda juga harus berhenti sejenak untuk memberikan kesempatan bagi hewan peliharaan untuk makan dan meregangkan anggota tubuhnya. “Jadi tidak hanya berhenti ketika Anda membutuhkannya saja,” pungkas Monique.

(Lutfi Fauziah/Liz Langley/nationalgeographic.com)

Share from: National Geographics