Tumbuhkanlah Fitrah Anak Anak kita dengan Seindah indahnya

Harry Santosa – Millenial Learning Center

Nasehat para bijak, “setinggi apapun kita membangun benteng dan bendungan untuk menahan hantaman gelombang laut, niscaya akan roboh juga. Maka ajarkanlah anakmu berenang atau membuat perahu”.

Nasehat di atas barangkali bisa menjadi renungan bahwa betapa seringnya kita lebih fokus pada masalah, bukan fokus pada potensi karunia. Kita lebih banyak disibukkan menterapi kebiadaban daripada meng arsiteki peradaban. Kita lupa bahwa kegelapan itu ada ketika tiada cahaya. Kita belum sadar juga wejangan Kitabullah bahwa albathil itu hilang ketika alhaq datang dominan.

Misalnya, gadget dan internet. Kita seolah memusuhi keduanya. Kita ramai ramai membangun benteng dan bendungan,. Kita sangat serius membuat program untuk menghentikannya walau sesaat. Padahal keduanya hanya device atau alat akses informasi yang dibutuhkan zaman.

Jika kebiadaban bersemayam dalam jiwa dan fikiran, bahkan masjidpun bisa menjadi akses pada kemaksiatan dan kebiadaban. Jika adab dan fitrah tumbuh indah, maka gadget dan internet menjadi sarana terindah belajar dan melahirkan karya karya peradaban. Sejak berabad lamanya kebiadaban tidak membutuhkan gadget dan internet.

Maka tumbuhkanlah fitrah anak anak kita dengan seindah indahnya sehingga menjadi peran peran peradaban terbaik dan adab termulia, yang menyibukkan anak anak kita pada manfaat dan rahmat.

Bila ini terjadi maka lihatlah gadget dan internet bukan alat kehancuran dan kebiadaban, tetapi alat peradaban untuk menyeru kebenaran, alat membangun jaringan manfaat kebaikan dan keshalihan, alat belajar sepanjang hayat, alat memperkenalkan karya dan solusi yang membawa berita gembira dan peringatan ke seluruh dunia.

Sebagaimana seorang ulama berkata, jika dahulu Islam masuk ke Eropa dengan pedang, kini Islam masuk ke Eropa dengan pena.

Salam Pendidikan Peradaban
#pendidikanberbasisfitrah dan akhlak
#fitrahbasededucation

About ekoharsono

Just a simple person….that’s all

Sumber : Fitrah Based Education | Dari Berbagai Sumber