Lahir di Probolinggo, 9 Oktober 1967. Alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB), Sosial Ekonomi Pertanian tahun 1991 dan alumnus MBA Teknologi – Jakarta 1997.

pendidikan matematika quran untuk paud tk sd smp

Kegiatan menulis telah ditekuninya sejak di IPB dengan bergabung di media cetak “Wahana Hijau” Fakultas Pertanian dan Koran Kampus “Gema Almamater”, serta Buletin “Philos” di Perkumpulan Filateli Indonesia, cabang Bogor

Saat ini beraktivitas sebagai Pengembang Kurikulum sekaligus pendiri Rumah Akal Foundation, Malang.

Aktivitas lainnya adalah sebagai Senior Fasilitator di Komunitas Belajar Filsafat Matematika (KBFM) serta mengajar Matematika Realistik di Malang. Selain itu kegiatan yang tak kalah menyita waktu dan tenaga adalah sebagai Pendamping Pembelajaran Matematika Quran di Islamic Science Mathematics Institute, Malang, sejak tahun 2010. Serta sebagai pembicara dalam Seminar Matematika Quran di berbagai kota di Indonesia.

Penghargaan yang pernah diperoleh adalah sebagai Rekoris Dunia Indonesia MURI kategori “Penemu Metode Berhitung Paling Mudah di Indonesia” dari Menristek Kusmayanto Kadiman pada April 2008.

Penghargaan lainnya adalah Rekoris Dunia Indonesia MURI kategori “Penemu Metode Pendidikan Matematika Akhlaq Pertama dan Satu-satunya di Indonesia” dari Menbudpar Jero Wacik pada September 2008.

Pendiri *Mathmagic School* pada tahun 2003 ini juga aktif sebagai Senior Fasilitator di Eksakta Integra Islamica, Malang sejak 2014 dan Konsultan Pendidikan di Sekolah Islam Terpadu PERMATA, Probolinggo – Jawa Timur untuk jenjang SMP sejak Juli 2016 hingga sekarang.

Buku-buku yang pernah ditulis, sebagai berikut:

  • Mathmagic: Matematika Ajaib untuk SD – Kawan Pustaka, Jakarta, 2004
  • Olimpiade Matematika SD-Pendekatan Metode Mathmagic, Kawan Pustaka, Jakarta, 2004
  • Mathmagic Junior: Mahir Matematika TK-SD, Kawan Pustaka, Jakarta, 2005
  • Matematika Akhlaq: Keajaiban Bahasa Bilangan untuk Mendidi Akhlaq Mulia, Kawan Pustaka, Jakarta, 2007
  • 5 Rahasia Berhitung Mudah: Menguasai Teknik Berhitung Mudah dalam 5 Hari, Puspa Swara, Jakarta, 2009
  • Magic Finger: Berhitung Mudah dengan 10 Jari, Puspa Swara, Jakarta, 2010
  • Membuat Anak Gemar & Pintar Matematika: Membangkitkan Energi Belajar Matematika untuk SD, Visi Media, Jakarta, 2012
  • Matematiqu: Ngaji Matematika Quran, Video Tutorial, Eksakta Integra Islamica, Malang, 2017

Saat ini Bekti Hermawan tinggal di Malang bersama istri, Siti Nurhasanah, dan 4 juniornya: Agung Adi Handoko Putro (20), Adinda Rizqi Caesaria Putri (17), Ganendra Fadilah Putra Hermawan (6) dan Khansa Anandita Putri Hermawan (5).